Sejarah

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia pertama terbentuk pada tanggal 23 Desember 2019. Awal mula terbentuknya yaitu karena mahasiswa teknik kimia membutuhkan suatu organisasi yang dapat menghimpun terkait kegiatan mahasiswa dan menunjang prestasi mahasiswa teknik kimia baik secara akademik maupun non akademik sehingga berperan secara tidak langsung ke prodi. HIMATEKK pada awalnya dibentuk sebagai Club Istimewa Teknik Kimia dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMM). Hal ini dikarenakan untuk syarat pembentukan Himpunan harus ada minimal tiga angkatan yang aktif, karena masih belum memenuhi syarat sehingga dibentuklah Club Istimewa yang fungsinya hampir sama dengan Himpunan pada saat itu, namun masih dalam naungan Teknik Mesin. Club ini berjalan selama satu tahun kemudian di tahun kedua baru menjadi Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia.

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Jember dibentuk dengan tujuan sebagai media penyalur aspirasi mahasiswa untuk kesejahteraan mahasiswa Teknik Kimia, dapat mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI), dapat mengadakan kegiatan atas nama Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEKK) Universitas Jember, sebagai sarana pengembangan diri dalam bidang akademik dan non akademik dan menunjang akreditasi prodi teknik kimia.

Pada awal berdiri sebagai himpunan, HIMATEKK terdiri dari 6 divisi, 4 sub divisi dan 1 badan semi otonom yang masih bernaung dibawah HIMATEKK namun memiliki hak untuk mengatur rumah tangganya sendiri. 6 divisi tersebut antara lain Divisi Minat Bakat (Miba), Divisi Kewirausahaan (KWU), Divisi Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma), Divisi Pengembangan Karakter dan Sumber Daya Mahasiswa (PKSDM), Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) dan Divisi Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Subdivisi terdiri dari Subdivsi Akademik, Subdivisi Non Akademik dibawah Divisi Minat Bakat serta Subdivisi Internal dan Subdivisi Eksternal dibawah Divisi Humas. Kemudian Badan Semi Otonom terdiri dari Divisi Chem-E-Car, Divisi Bioenergi dan Divisi Biomaterial.